kesalahan umum dalam bahasa inggris

Bahasa Inggris kini seolah – olah telah menjadi kebutuhan yang penting. Memang, bahasa Inggris bukanlah bahasa utama di Indonesia. Tetapi jika Kamu mempelajari bahasa tersebut, Kamu akan mendapatkan banyak manfaat fungsional yang tidak akan didapatkan oleh mereka yang tidak bisa berbahasa Inggris. Hal itu diperkuat dengan peranan bahasa Inggris yang menjadi bahasa Internasional serta menjadi bahasa yang difavoraitkan di berbagai penjuru dunia.

Tidak hanya itu saja, bahasa Inggris juga telah menjadi bahasa pilihan utama yang mendunia dan mendominasi perkembangan di berbagai bidang meliputi pendidikan, dinamika sosialitas, dan budaya di berbagai belahan dunia. Jadi, jika Kamu mempelajari bahasa Inggris, wawasan Kamu akan menjadi lebih luas.

Satu hal penting yang wajib diperhatikan dalam penggunaan bahasa Inggris adalah tatanan atau susunan kalimatnya. Mengingat bahasa memiliki kaitan yang erat dengan interaksi dan komunikasi antara manusia, tingkat relevansi antara faktor semantika dari kalimat dan budaya bahasa itu harus terus berkesinambungan dengan mempelajari tata bahasa atau susunan kalimat bahasa Inggris yang baik. Kamu juga perlu memahami berbagai kesalahan umum dalam bahasa Inggris yang masih sering terjadi saat belajar bahasa Inggris.

Melakukan kesalahan saat belajar bahasa Inggris memang hal yang biasa karena masih dalam tahap belajar. Kadang tata bahasa atau grammar yang digunakan masih mengikuti kaidah  tata bahasa Indonesia sehingga penggunaan kalimat atau penyusunan katanya kurang sesuai ketika diterapkan dalam bahasa Inggris. Tetapi Kamu tidak perlu khawatir karena berikut ini adalah ulasan tentang kesalahan umum dalam bahasa Inggris yang sering terjadi dan bagaimana cara menghindari kesalahan tersebut.

Kesalahan Penggunaan Due To

Kalimat: Due to I am very busy, I can’t join to your party next week

Koreksi:

  • Kalimat Formal: Due to my order of business, I will be unable to join the party next week
  • Kalimat santai: Sorry, I’m very busy next week so I can’t join you next week

Kata due to memiliki makna karena. Biasanya kata ini digunakan untuk percakapan yang bersifat agak formal. Oleh sebab itu, kata due to sebaiknya dipadankan lebih dulu dengan pilihan kata – kata formal yang lain. Susunan kalimat atau tata bahasa yang tepat untuk menggunakan kata due to adalah due to diikuti dengan kata benda (noun) + keterangan.

(Baca juga: Perbedaan Because of dan Due to)

Kesalahan Penggunaan Kata Love

Kalimat: I love to dancing

Koresi:

– I love dancing

– I love to swim

Beberapa jenis kata kerja misalnya hate (benci), love (cinta), dan like (suka) bisa diikuti dengan gerund (adverb + ing) atau infinitive (to + adverb). Jadi Kamu bisa menggunakan kata swimming atau to swim tetapi tidak boleh menggunakan keduanya dalam waktu yang bersamaan.

Kesalahan Tanpa Menggunakan Partikel The

Kalimat: Today’s birthday party was great because clown was funny

Koreksi: Today’s birthday party was great because the clown was funny

Partikel the perlu digunakan saat kalian ingin menunjukkan satu benda secara spesifik. Dalam kalimat di atas adalah the clown yaitu badut yang menghibur dalam pesta ulang tahun. Sementara itu jika hanya menggunakan a teacher berarti setiap guru.

Kesalahan Penggunaan How About

Kalimat: How about go to lunch in restaurant?

Perbaikan: How about going to lunch in restaurant?

Ketika Kamu akan memakai kata How About saat ingin menyampaikan ide atau saran, Kalian perlu menggunakan gerund yaitu adverb + ing misalnya how about doing, how about going, how about playing.

Kesalahan Dalam Menyampaikan persetujuan

Kalimat: Oh, I agree you

Perbaikan: Oh, I agree with you

Kata agree termasuk kata kerja transitif dan wajib diikuti dengan objek

Kesalahan Dalam Penggunaan Kata Very

Kalimat: I very like this food

Perbaikan: I really like this food

Kalian boleh memakai kata very ketika ingin memodifikasi kata sifat misalnya very good. Tetapi kata very tidak boleh digunakan untuk mengubah kata kerja misalnya very want, very like, very love. Kalian bisa memakai kata really ketika ingin memodifikasi kata kerja

Kesalahan Dalam Penggunaan Kata Advice

Kalimat: That is a good advice

Perbaikan: That is good advice

Kata advice merupakan jenis kata benda uncountable atau tidak bisa dihitung. Jadi uncountable noun tidak boleh memakai imbuhan A. Kamu hanya boleh memakai kata advice maupun menambahkan kata benda (countable noun) sebelum ‘advice’ contohnya adalah a piece of advice

Kesalahan Dalam Penggunaan Kata Suggest

Kalimat: I suggest you to study hard

Perbaikan: I suggest you study hard atau I suggest studying hard atau I suggest that you study hard

Kata suggest termasuk kata yang menjadi kesalahan umum dalam bahasa Inggris. Suggest merupakan jenis kata kerja transitif sehingga harus diikuti dengan objek. Contoh susunannya adalah

  • suggest + that + kata ganti + verb
  • suggest + verb-ing
  • Suggest + kata ganti + verb

Bagaimana? apakah kamu juga masih melakukan kesalahan dalam bahasa inggris seperti yang sudah dijabarkan diatas? Jika iya langsung perbaiki setelah ini ya LC’ers. Semoga bermanfaat dan terus semangat belajar !!!