presentasi dalam bahasa inggris

Dalam dunia perkuliahan, kerja, bisa dan lainnya memang terkadang menuntut kalian untuk melakukan presentasi menggunakan Bahasa Inggris. Entah hal tersebut merupakan bagian tes atau ujian, maupun saat kalian bertemu dengan klien asing yang tidak menguasai Bahasa Indonesia sama sekali.

Jadi mau tidak mau kalian harus mempresentasikan produk dan tujuan kalian menggunakan Bahasa Inggris, pasalnya Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional yang sudah digunakan oleh hampir seluruh negara yang ada di planet ini. Pertanyaannya, apakah kamu sudah mempersiapkan presentasi Bahasa Inggris dengan baik? Artikel akan membagikan tips presentasi yang baik menggunakan Bahasa Inggris tentunya.

Tips sebelum melakukan presentasi menggunakan Bahasa Inggris

1. Selalu lakukan persiapan matang

Hal pertama yang paling penting sebelum kalian mulai presentasi Bahasa Inggris adalah persiapan. Apa saja yang perlu kamu persiapkan? Yang paling utama adalah bahan presentasi. Dengan kata lain, kalian harus persiapkan amunisi dan senjata sebelum berperang. Pastikan kamu mengetahui materi apa yang akan dipresentasikan dan pastikan bahwa materi tersebut sudah kamu persiapkan dengan baik. Jika kalian ingin menyampaikan materi tentang pemanasan global, maka kalian harus mengumpulkan materi seputar pemanasan global, kuasai materi tersebut dan mulai membuat power point.

Namun, sebelum kalian membuat PowerPoint tersebut, ada baiknya jika kalian juga memuat dua hal, yaitu mindmap dan essay. Mindmap dibuat untuk mempermudah kalian dalam mengingat materi presentasi yang akan disampaikan, sedangkan essay bertujuan untuk mempertajam materi tersebut karena di dalam essay, materi sudah sangat lengkap, kalian hanya perlu mengonversi essay tersebut ke dalam PowerPoint.

Jangan lupa ketika kalian membuat mindmap dan essay tersebut menggunakan Bahasa Inggris agar kalian  lebih mudah saat pembuatan dan bisa menguasai kosakata yang terkait karena kalian sudah sering menemui kosakata tersebut. Hal yang harus diperhatikan saat membuat PowerPoint adalah pastikan kalian membuat slide PowerPoint semenarik mungkin. Untuk itu kalian bisa berkreasi dengan menggunakan pilihan font, warna dan design template yang sesuai untuk kalian sajikan nanti.

2. Berlatih dan berlatih

Latihan sangat penting terlebih lagi jika kalian akan melakukan presentasi menggunakan Bahasa Inggris. Ada beberapa kosakata yang harus kalian kuasai yang berkata dengan materi presentasi tersebut. Misal, jika kamu akan mempresentasikan seputar perkapalan, maka kosakata seputar laut, jenis kapal, dan lainnya harus sudah hafal di luar kepala. Selain itu, penggunaan tata bahasa yang formal dan tepat juga sangat dibutuhkan saat presentasi. Kalian harus berlatih dahulu sebelum presentasi untuk meningkatkan rasa percaya diri.

3. Penampilan sebelum mulai presentasi

Pastikan kalian menyajikan penampilan terbaik saat presentasi. Kalian harus makan dan tidur yang cukup agar tubuh merasa lebih segar dan siapkan pakaian terbaik untuk presentasi agar kalian bisa tampil menarik dan audiens juga tidak merasa bosan saat kalian tampil mempresentasikan materi.

(Baca juga: Perbedaan TOEFL dan IELTS)

4. Apa yang harus dilakukan saat presentasi berlangsung?

Mungkin kalian sempat terbesit, apa yang harus dilakukan saat presentasi berlangsung? Tentu saja kalian harus melakukan yang terbaik dan sebaik mungkin. Namun sebelum itu, apakah kalian sudah mengerti bagaimana membuat struktur presentasi? Jika belum, kalian bisa membuat daftar rundown presentasi yang baik. Paling tidak, beberapa poin di bawah ini harus masuk dalam presentasi kalian.

  • Memberikan ucapan pembuka (greeting)

Contoh:

– Good Morning, Ladies and Gentleman. I would like to say thank you for audiences who coming in my presentation today. It’s so great to see you all. Let me introduce myself, my name is ……….

– Good morning ladies and gentlemen, its such an honor to meet you in this opportunity.

Pastikan jika kalian mengucapkannya dengan senyum.

  • Sesi perkenalan (introducing the presenters)

– Now, let me introduce myself and my partners. My name is ………….. and my partners are ……… we come from ………..

– In this opportunity, let us introduce ourselves. I am ……… then next to me is ……….. the man in blue is ……….

  • Mengutarakan maksud dan tujuan presentasi (state of focus of the topic)

– In this opportunity, I will present

– The purpose of my presentation today is ……….

– In this presentation, we would like to discuss about ……

– Please look at the slide, what do you see in this slide?  We will find out what is going on there …..

  • Penyampaian materi dan isi presentasi

– Menggunakan transisi, contoh: First, I would like to explain about ………. then, I will continue to explain why ………… is very important for us. Finally, you will know how to ………

– Menggunakan kata-kata yang menunjukkan contrast, result dan reason, contoh: since ……… because …………, but, although, therefore, however, etc.

– Menggunakan contoh, the example is ……

Lakukan presentasi dengan menerapkan Tips Presentasi yang Baik Menggunakan Bahasa Inggris diatas ya guys, agar presentasi yang kamu lakukan berjalan dengan baik. Semoga berhasil !!!