penggunaan hanged dan hung

Penggunaan hanged dan hung tampaknya masih membingungkan untuk sebagian orang. Dan pada dasarnya dua kata tersebut merupakan bentuk lampau dari hang. Beberapa orang sudah mengetahui perbedaannya apalagi ketika mereka tahu bahwa penggunaan dua kata tersebut sering terbalik dan tertukar. Apakah sebenarnya mereka bisa digunakan untuk semua kata? Kalau tidak, apakah perbedaannya?

Di artikel ini, kita akan belajar tentang kata kerja dasar dari hang, menerapkannya dalam suatu contoh kalimat, dan nantinya kalian akan tahu tips penting untuk diingat ketika menggunakan kata tersebut. Setelah membaca artikel penggunaan hanged dan hung kalian tidak akan kesulitan lagi dalam memilih bentuk yang tepat untuk dituangkan dalam tulisanmu.

Kapan menggunakan hanged?

Hanged merupakan bentuk lampau, baik past tense mau pun past participle, dari hang. Kata ini merujuk pada suatu kematian akibat digantung atau menggantung. Dan sangat kurang tepat jika hanged digunakan untuk menggambarkan hal lainnya.

Contoh kalimat:

  • He hanged himself on a tree to end his life. / Ia menggantungkan dirinya di pohon untuk mengakhiri hidupnya.
  • A corruptor should be hanged as the consequence of his crime. / Seorang korupter harusnya digantung sebagai konsekuensi dari aksi kriminalnya.

Penting diingat bahwa hanged hanya digunakan untuk sesuatu yang sangat spesifik. Kita hanya akan menggunakan hanged untuk menggambarkan situasi kematian. Dan jika pun kematian itu bukan karena jeratan di leher, kalian bisa menggunakan hung.

Kapan menggunakan hung?

Kita semua setuju bahwa hung lebih sering digunakan dalam konteks apa pun. Hung sendiri merupakan bentuk lampau yang lebih umum dari hang.

Contoh kalimat:

  • She hung his headshot on her room. / Ia menggantung potretnya di kamarnya.
  • My father hung on every word. / Ayahku memegang tiap kata.
  • Your son and I hung the lights on the tree last night. / Anak laki-lakimu dan aku menggantung lampu di pohon tadi malam.
  • Last week, she hung the shelves by herself. / Minggu lalu, ia menggantung rak tersebut sendirian.

(Penggunaan Can dan May yang tepat dalam bahasa inggris bisa kamu baca DI SINI)

Bisakah hanged dan hung digunakan bersamaan?

Beberapa orang akan setuju untuk menggunakannya kapan pun, apa pun konteksnya. Bahkan seorang ahli bahasa menyatakan bahwa tidak lah keliru untuk menggunakan hung ketika menggambarkan eksekusi mati seorang kriminal atau semacamnya. Hanya saja kurang lazim berdasarkan Standard English.

Namun, kami sangat menyarankan untuk tidak menggunakan hanged dan hung yang ditukar-tukar. Mayoritas penulis profesional di seluruh dunia menentang menggunakan hung untuk menggambarkan eksekusi. Berdasarkan buku manual dari Chicago yang ditulis berdasarkan Panel Penulis Profesional, hanged hanya digunakan untuk menggambarkan kematian atau eksekusi dan hung untuk aktifitas lainnya.

Sejarah hanged dan hung

Tentunya sangat berguna kalau mengerti penggunaan kata yang tepat. Tapi mungkin kamu penasaran kenapa terdapat dua bentuk lampau dari satu kata kerja yang sama. Ada sejarah singkatnya, lho.

Berdasarkan Fowler’s Modern English Usage Guide, dalam bahasa inggris kuno terdapat dua kata berbeda untuk hang yaitu hon dan hangen. Lalu ada pengaruh dari bahasa Norse kuno yaitu hengjan. Maka dari itu hang di bahasa inggris modern memiliki dua bentuk lampau berbeda.

Jadi, kalian tidak boleh lupa mau pun tertukar ketika akan menggunakan dua kata ini apalagi ketika akan diaplikasikan ke tulisan. Selain tidak lazim, kalimat akan terdengar aneh. Makanya, pelajari penggunaan hanged dan hung.