cara cepat bisa bahasa inggris

Jika kalian membicarakan tentang cepat atau lambat, itu sangat relatif. Ada yang menganggap bahwa belajar 2 bulan itu cepat, namun ada pula yang menganggap bahwa 2 bulan adalah waktu yang sangat lama hanya untuk mempelajari Bahasa Inggris. Jadi, lebih baik jika kalian fokus pada apa yang kalian kerjakan setiap hari. Selama kalian rutin berlatih, berlatih dan terus berlatih, sudah pasti akan cepat jago berbahasa Inggris. Namun, ada beberapa cara yang bisa membantu kamu untuk mempercepat waktu belajar, dengan kata lain cara cepat bisa berbahasa inggris. Hal ini bukan berarti mempersingkat jam belajar kamu, namun lebih membuat belajar bahasa Inggris yang kamu lakukan menjadi lebih efektif.

Cara Ampuh Untuk Bisa Berbahasa Inggris

Speaking more

Pasti kamu pernah merasa nerves saat akan speaking atau berbicara Bahasa Inggris. Meskipun kamu sedang di depan kaca, ketika kamu semakin memikirkan bagaimana nanti saat kamu speaking, maka kamu akan merasa semakin grogi. Yang perlu kamu lakukan adalah speaking more dan cobalah untuk berbicara dan berbicara lebih banyak lagi menggunakan Bahasa Inggris, hitunglah berapa kali kamu sudah berbicara Bahasa Inggris. Sampai di rumah, kamu bisa menghitung berapa kali berbicara bahasa inggris, Evaluasi hal tersebut dan menambah intensitas berbicara bahasa Inggrisnya. Semakin banyak kalian latihan berbicara maka kalian akan semakin mengerti bagaimana berbicara dengan baik.

(Baca juga: Alasan Mengapa Tidak Percaya Diri Berbicara Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya)

Jangan menerjemahkan per kata

Menerjemahkan per kata ke dalam bahasa inggris atau bahasa Indonesia akan memakan lebih banyak waktu dan memperlambat proses kamu. Jika kalian mendengar kalimat kemudian langsung menerjemahkannya per kata, maka kalian tidak sedang mempelajari bahasa inggris namun sedang belajar menerjemahkan. Ketika kamu mendengar seseorang berbicara bahasa inggris, ada dua hal yang harus kamu lakukan:

– Mendengarkan baik-baik kata yang memang kamu paham artinya

– Pahami kalimat tersebut secara kontekstual. Jika kamu tidak mengerti arti suatu kata, maka kamu bisa melihat petunjuk lainnya, seperti perhatikan letak kata tersebut dan selalu perhatikan kalimat sebelum dan sesudah kata tersebut. Kombinasi ini bisa membantu kamu mengetahui arti kata tersebut dan sejenisnya.

Melatih telinga untuk mengerti

Kamu perlu fokus dan selalu mendengarkan dengan baik, Kalian bisa melatih telinga dengan mendengarkan kata-kata yang kalian sudah tahu artinya. Untuk apa? Supaya kalian terbiasa mendengar. Dengan begitu, ketika ada orang asing berbicara, kamu akan paham maksudnya. Jangan hanya berfokus pada grammar atau satu kata yang tidak kamu tahu artinya. Hal tersebut bisa memperlambat proses pembelajaran Bahasa Inggris. Kalian bisa mendengar musik, menonton film atau melihat TV berbahasa Inggris. Dengarkan baik-baik bagaimana pembicara membuat kalimat, frase dan lainnya, Jika kalian bisa melatih telinga kalian menjadi terbiasa dengan bahasa Inggris, maka secara otomatis kalian bisa mengerti pembicaraan yang panjang dengan cepat. Kalian tidak bisa lancar berbahasa Inggris jika hanya berfokus pada satu kata sulit. Mulai pelajari vocab, kemudian dengarkan lagi dan cara tersebut bisa mengatai keterbatasan vocabulary.

Jangan pernah takut salah

Jangan biarkan rasa takut membuat kalian berhenti belajar Bahasa Inggris, kalian bisa merenungkan beberapa pernyataan ini:

– Apakah kamu pernah berpikir bahwa orang lain di kelas sering menertawakannya saat kamu berbicara bahasa Inggris?

– Apakah kamu menguasai grammar namun tidak bisa berbicara bahasa Inggris?

– Apakah kamu menghindari berbicara dengan native speaker atau seseorang yang kemampuan bahasa inggrisnya lebih baik dibanding kamu?

Jangan pernah takut ketika belajar, kamu harus tetap berlatih berbicara bahasa Inggris. Santai saja dan jangan berpikir tentang “ bagaimana kalau nanti ………”.  Buang pikiran negatifmu dan mulai lakukan banyak action dari sekarang. Tidak ada yang sempurna, semua pasti pernah melakukan kesalahan. Semakin sering kamu melakukannya maka kamu akan semakin lebih bisa.

Terus mencoba

Tahukah kamu bahwa atlet profesional berlatih berkali-kali hingga mereka menjadi jago dalam suatu bidang olahraga. Mereka tidak dilahirkan dalam bentuk seorang atlet, mereka harus menghabiskan banyak waktu untuk latihan, kegagalan, rintangan dan tantangan berkali-kali. Jika mereka para juara berhenti melakukan latihan, maka kemampuan mereka akan semakin menrun dan mulai melakukan banyak kesalahan. Artinya, latihan akan membuat kemampuan kalian semakin lebih baik.

Selalu catat hal penting

Kalian bisa mencatat kata, frase dan kalimat yang baru kalian dengar. Mengapa demikian? Karena setelah itu kalian bisa mempelajari apa artinya, bagaimana pengucapannya, kapan harus digunakan, dan masih banyak lainnya. Jika kamu membutuhkannya maka kamu bisa langsung mengingatnya.

Coba hal baru

Apa selama ini kamu selalu belajar dengan cara yang sama? Cobalah hal baru dan buat perubahan agar kamu semakin semangat dalam belajar bahasa Inggris. Hal tersebut bisa membuat kamu berkembang dan lebih cepat kemajuannya. Hal baru yang bisa kamu coba seperti English podcast, chatting dengan teman baru dari luar negeri, dll.

Kamu bisa langsung menerapkan sendiri cara ampuh untuk bisa berbahasa inggris diatas LC’ers agar proses belajar lebih efektif. Jika masih ragu melakukannya sendiri kamu bisa bergabung bersama Kampung Inggris LC untuk bertemu dengan banyak teman dengan tujuan yang sama, yaitu CEPAT BISA BAHASA INGGRIS.

Caranya gampang !!! KLIK LANGSUNG gambar dibawah ini !!!