penggunaan like dalam bahasa inggris

Sepertinya, berbagai penggunaan kata like sudah sering kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari, bukan? Misalnya, untuk mengungkapkan sesuatu yang disenangi atau disukai, kamu akan mengatakan, “I like it!” Di sejumlah media sosial—misalnya Facebook—like menjadi fitur untuk mengutarakan ekspresi kalian terhadap status pengguna lain atau menjadi anggota dari fanpage tertentu.

Faktanya, dalam bahasa Inggris, like bukan hanya jadi salah satu kata yang paling populer digunakan, tetapi juga punya banyak fungsi. Sayangnya, karena kurangnya kesadaran, tak sedikit orang-orang yang salah mengaplikasikan like dalam struktur kalimat tertentu. Kata ini sering kali dipakai sebagai kata kerja atau verb. Selain itu, like juga ternyata bisa dipakai sebagai kata benda (noun), kata depan (preposition), kata hubung (conjuction), dan kata keterangan (adverb).

Nah, supaya kamu tidak mengulangi kesalahan dan bisa mengaplikasikan like dengan tepat, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

‘like’ sebagai kata benda (noun)

Selain perannya sebagai kata benda, like juga punya dua arti, yaitu:

  1. Seseorang atau benda yang serupa dengan yang disebutkan dalam kalimat yang sama. Contoh, Amira dikenal sebagai siswi ramah berprestasi di sekolah. Lantas, saat dua pindah sekolah, guru akan mengatakan, “Amira is a smart and nice student, it’ll be hard to find her like.” Dalam hal ini, sang guru mengungkapkan bahwa akan sulit bagi mereka buat memperoleh sosok seperti Amira di sekolah;
  2. Kemudian, dalam berbagai penggunan kata like, lema ini juga dapat berarti sesuatu yang kamu senangi, misalnya hobi atau benda kesayangan. Contoh: Reading book is one of my likes (Baca buku adalah salah satu hobiku).

‘like’ sebagai kata keterangan (adverb)

Bentuk yang satu ini kerap ditemukan dalam percakapan sehari-hari. Di sini, like berperan sebagai kata keterangan atau adverb dengan rumus: be + like + to infinitive/V1. Dengan kata lain, like dalam kalimat ini akan memberikan makna hampir; siap untuk dilakukan; hampir terjadi. Contoh:

  • His friend was like to be tripped again if he didn’t help (Temannya hampir jatuh lagi kalau dia tak membantu);
  • Mona is like to walk faster than before (Mona siap jalan lebih cepat dibandingkan sebelumnya).

‘like’ sebagai kata kerja (verb)

Sebagai kata kerja atau verb, like dapat diikuti to infinitive seperti to be, to see, to do, maupun to have. Kalau kamu menggunakan bentuk like + to infinitive, maka subjek dalam kalimatnya sedang melakukan kegiatan bermanfaat, bukan mau bersenang-senang. Misalnya, She likes to illustrate for children book (Dia suka membuat ilustrasi untuk buku anak).

Kemudian, berbagai penggunaan kata like sebagai kata kerja pun dapat diikuti verb + ing atau gerund. Jika kalian ingin memakai bentuk like + gerund, berarti aktivitas yang dilakukan subjek dalam kalimat itu harus benar-benar dilakukan olehnya. Contoh: I like swimming once a week (Aku rutin berenang setiap seminggu sekali).

‘like’ sebagai kata hubung (conjuction)

Selanjutnya, sebagai kata hubung atau conjuction, like umumnya diaplikasikan untuk mengganti as atau as if yang berarti seakan-akan/seolah-olah. Walau bentuk ini kerap kalian temukan dalam percakapan sehari-hari, tetapi jangan memakainya saat menyusun tulisan formal. Pasalnya, bentuk tersebut bersifat informal mengingat hanya digunakan dalam percakapan. Contoh:

  • Like I told you before, he’ll be late (Seperti yang kukatakan sebelumnya, dia akan terlambat);
  • He feels like he is the best manager here (Dia merasa jadi manajer terbaik di sini).

‘like’ sebagai kata depan (preposition)

Terakhir, like sebagai preposition atau kata hubung berfungsi sebagai pembanding dua kata yang tidak sama. Contohnya dapat kalian simak berikut ini:

  • My sister swims like a fish (Adikku berenang bak ikan);
  • Fatima is a clever, pretty girl. She’s like a gem in this school (Fatima adalah gadis cerdas nan cantik. Dia bagaikan permata di sekolah ini).

Itulah bentuk-bentuk like dan penerapannya dalam kalimat. Semoga informasi berbagai penggunaan kata like ini membantu kalian dalam berbahasa Inggris!

Baca juga materi lainnya yuk guys, salah satunya adalah Ikuti 6 Tips Ini untuk Memudahkan Belajar Bahasa Inggris dari Lirik Lagu!