as well as vs. and

Banyak dari kalian yang baru saja belajar Bahasa Inggris mungkin mengira bahwa as well as dan anda adalah sinonim dan bisa digunakan secara bergantian. Jika kalian mengira keduanya adalah sama maka kalian salah. Bahkan keduanya mempunyai makna yang berbeda dan tidak bisa digunakan bergantian tanpa mengubah makna. Artikel ini akan membahas perbedaan “as well as” dan “and” serta bagaimana penggunaannya dalam kalimat. Yuk, langsung saja.

AND

Menurut kamus online Cambridge, kata “and” termasuk dalam jenis konjungsi (conjunction) yang diapakai untuk menggabungkan dua frase, dua kata, pernyataan yang saling berkaitan dan bagian-bagian dalam suatu kalimat. Kata “and” sendiri mempunyai arti “dan” dalam Bahasa Indonesia, tak heran jika kalian sangat sering menemukan dengan kata “and” ini baik dalam sebuah kalimat atau percakapan sehari-hari. Dalam kalimat ini mengandung makna dua frase atau kata yang dihubungkan dengan penggunaan “and” itu setara, artinya tidak ada penekanan lebih.

Contoh:

Sinta dan Dani like tea / Sinta dan Dani menyukai teh. Sinta dan Dani mempunyai kedudukan setara dimana yang satu tidak lebih penting dari satu yang lainnya.

–  My teacher educate young people to be women dan men for others / guruku mendidik kaum para kaum mudah menjadi wanita dan pria bagi sesama. Dalam kalimat ini “men” dan “women” adalah setara dimana yang satu tidak lebih penting dari satu yang lainnya.

–  EXO’s performance tonight was amazing and stunning / penampilan EXO malam ini sangat mengagumkan dan mempesona

AS WELL AS

Bagaimana dengan penggunaan kata ini? Kalian harus paham bahwa kata “as well as” bukanlah sinonim dari kata “and”. Bahkan frase ini mempunyai arti yang sma dengan “in addition to”. Jika kalian ingin menggunakan kata ini, maka kalian ingin menunjukkan bahwa kalian memberikan sebuah penekanan lebih pada satu kata dan yang lainnya digunakan sebagai pelengkap.

Dalam percakapan pasti kalian juga sering mendengar frase “as well as”. Frase “as well as” sendiri mempunyai arti “dan juga” dan “begitu juga”. As well as adalah salah satu konjungsi atau kata penghubung yang bisa menghubungkan dua frase, dua kata dan dua kalimat. Agar kalian tidak salah dengan antara penggunaan “as well as” dan “and”.

Penggunaan untuk subjek tunggal

Subjek+ Verb (kata kerja) + Adjective (kata sifat), as well as, adjective

Contoh:

–  Leoni is smart

–   Leoni is also beautiful

Jika digabung: Leoni is smart as well as handsome / Leoni pintar dan juga cantik.

–  Rendi looks handsome

– Rendi also looks productive

Jika digabung Rendi looks handsome as well as productive / Rendi tampak muda dan juga produktif.

Subjek + Verb (kata kerja) + Adverb (kata keterangan), as well as, adverb

Contoh:

–   Rani walks slowly

–   Rani also walks politely

Jika digabung: Rani walks slowly and politely / Rani berjalan pelan dan juga sopan.

–  She writes fast

–  She also writes neatly

Jika digabung: She writes fast as well as neatly / Dia menulis dengan cepat dan juga rapi.

Subjek + Verb (kata kerja) + prepositional phrase, as well as, prepositional phrase

Contoh:

– Ria is good playing guitar

– Ria is also good solving math

Jika digabung: Ria is in good playing guitar as well as in solving math / Ria sangat bagus bermain gitar dan juga menyelesaikan matematika.

– Rio excels in mathematic

–  He also excels in history

Jika digabung: Rio excels in mathematic as well as in history / Rio menguasai matematika dan juga sejarah.

Penggunaan untuk subjek ganda

Subjek (1) + as well as + Subjek (2) + Verb + Complement

Contoh:

– My Sister is going to the book shop

– Rani is also going to the book shop

Jika digabung: My sister, as well as Rani is going to library / saudaraku begitu juga Rani sedang pergi ke toko buku.

Sekarang sudah tau kan dimana letak perbedaan “as well as” dan “and”  serta mengetahui juga bagaimana menggunakan kedua kata tersebut dengan tepat. Jadi setelah membaca artikel ini kamu jangan sampai melakukan kesalahan lagi dalam menggunakan “as well as” dan “and “ya guys !!!