belajar bahasa inggris lewat kartun

Belajar Bahasa Inggris lewat kartun bisa menjadi hal yang sangat mengasyikan! Bahkan, film kartun tak hanya bisa menjadi sarana belajar untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa. Mempelajari Bahasa Inggris memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah lewat tontonan. Dari berbagai jenis film yang ada, film kartun menjadi pilihan yang cukup diminati. Film kartun tentu memiliki beberapa sisi positif jika digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris sebab animasi di dalamnya menjadi hal yang menarik untuk mata. Hal ini membuat kamu bisa belajar berbagai macam kosakata Bahasa Inggris tanpa terbebani dengan hafalan seperti yang selama ini sering dilakukan. Yuk, kita langsung ulas apa saja manfaat film kartun sebagai media pembelajaran bahasa asing.

Alasan Asyiknya Belajar Bahasa Inggris Lewat Kartun

Jalan cerita yang simpel

Jalan cerita pada film kartun memang pada umumnya dibuat simpel karena film ini ditujukan untuk anak-anak. Dengan jalan cerita yang tidak terlalu kompleks, kamu memiliki lebih banyak kesempatan untuk menebak kata-kata dalam Bahasa Inggris yang sedang diucapkan oleh karakter di film. Walaupun vocab yang diucapkan belum pernah kamu dengar sebelumnya, namun alur yang simpel bakal memudahkan mu untuk memahami artinya dengan konteks adegan.  Ini akan melatih indera penglihatan dan pendengaran untuk bisa memperkirakan arti dari vocab tertentu. Belajar dengan melibatkan beberapa indera akan membuat mu bisa mengingat dan menyimpan suatu informasi dengan lebih baik.

Bahasa yang  lebih sederhana

Selain memiliki alur cerita yang simpel, film kartun juga biasanya menggunakan kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris yang masih sederhana. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak termasuk penutur bahasa asli bisa lebih mudah dalam memahami cerita yang disuguhkan. Selain itu, bahasa yang dipakai dalam film kartun biasanya merupakan bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa Inggris yang digunakan untuk setting formal atau akademik sangat jarang ditemui. Sehingga dengan menonton film kartun kamu bakal mengetahui dan mulai terbiasa untuk menggunakan jenis-jenis kata yang dipakai dalam keseharian.

Adanya pengulangan dalam film kartun

Alasan lain dari belajar Bahasa Inggris lewat kartun adalah karena di dalamnya sering terjadi pengulangan pada vocab. Sejumlah vocab akan sering muncul dalam satu film atau satu episode dalam film kartun. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi kamu yang sedang belajar Bahasa Inggris. Dengan beberapa kali muncul di dalam film, tentu kamu akan semakin familiar dengan vocab tersebut. Jika kamu sudah tahu pengucapannya, maka kamu tinggal mencari artinya. Hal ini secara otomatis akan membuat kalian menghafal dan mengingat vocab baru tersebut untuk waktu yang lebih lama.

Meningkatkan penguasaan vocabulary

Penguasaan vocabulary merupakan modal penting untuk bisa mahir berbahasa Inggris sebab kata adalah dasar dari sebuah kalimat. Nah, bagi kamu yan kini sedang belajar bahasa yang berasal dari Britania Raya ini tentu harus selalu menambah vocab baru. Melalui film kartun, kamu tanpa sadar bakal menambah penguasaan terhadap vocab, frasa, idiom, beserta ekspresi ketika mengucapkannya. Nah, jika kamu menemukan vocab baru, ini saatnya kamu membuka kamus. Sebab jika kamu hanya memperkirakan kata tersebut lewat ekspresi karakter tentu artinya bisa saja berbeda. Melihat kamus berfungsi untuk memastikan arti sebenarnya dari vocab baru yang ditemukan. Setelah itu, kamu tinggal mengingat vocab baru tersebut sehingga di lain kesempatan kamu bisa menggunakannya dalam konteks yang tepat saat berbicara maupun menulis dalam Bahasa Inggris.

Melatih Listening Skill

Listening skill atau kemampuan mendengarkan merupakan salah satu dari keempat skill yang wajib dikuasai ketika belajar Bahasa Inggris. Nah, agar cara belajarmu bisa menunjukkan hasil yang lebih efektif maka cobalah untuk mengganti subtitlenya dalam Bahasa Inggris. Hal ini secara tidak langsung akan melatih indera pengelihatan dan pendengaran kalian sebab ketika mendengar kata yang diucapkan kamu bisa langsung memastikannya lewat subtitle. Selain itu, cara ini akan sangat membantumu untuk mengetahui pronunciation dari suatu kata dengan benar.

Nah, itulah beberapa alasan yang menunjukkan bagaimana asyiknya jika kalian belajar Bahasa Inggris lewat kartun. Sekarang sudah tidak ada lagi alasan untuk malas belajar bahasa inggris bukan? Selamat belajar guys !!!!

Materi lain yang bisa juga kamu baca: Tips Jitu Menghadapi Ujian Bahasa Inggris.